Monday 6 May 2013

BAB II


Pengusaha muda : saatnya pemimpi menjadi pemimpin (XL)

Semangat untuk lebih kreatif dan inovatif yang tercipta dalam perkembangan bisnis anak muda adalah keharusan. Bisnis anak muda memang menjual ide yang akhirnya dituangkan dalam berbagai macam produk. Ide tersebut pun selalu dipancing untuk melakukan pembaruan-pembaruan atau inovasi. Tanpa inovasi, bisnis kreatif akan mati. Sebagai contoh, distro, para pengusahanya tidak menganggap satu sama lain sebagai pesaing. Mereka bersaing dalam hal inovasi, sehingga masing-masing berpacu untuk lebih inovatif tanpa mengabaikan semangat atau pesan sesuai konsep.

Jika orang lain mampu, saya pun mampu. Hal yang harus dipersiapkan untuk menjadi peengusaha muda yaitu kepribadian, keterampilan, kekuatan, dan kemauan merealisasikan mimpi menjadi kenyataan.

Usaha membangun kepribadian :
  1. Mengenal diri sendiri, dengan cara :
    a. Mengenal karakter pribadi.
    b. Mengenal bakat dan kemampuan.
2. Mempersiapkan perubahan sikap mental.
a. Siap menghadapi ketidakpastian
b. Siap mengatakan “Bisa”
c. Siap bekerja keras, tekun, dan sabar
d. Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi

Salah satu kelemahan para pengusaha muda dan sarjana di Indonesia adalah keterampilan dalam bidang softskill. Untuk mempersiapkan keterampilan pengusaha muda terdapat beberapa softskill yang harus dikuasai, yaitu :
  1. Menjaga reputasi, reputasi baik akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru.
  2. Kemampuan membangun jaringan, beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain :
  • Menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat.
  • Menjadi anak gaul
  • Buat kartu nama yang menarik dan spesifik
  • Tawarkan persahabatan yang tulus
  1. Naluri mengenali peluang usaha, hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan naluri mengenai peluang usaha adalah :
  • Menentukan arah usaha dan minat
  • Manumbuhkan kepekaan lingkungan dan kondisi di sekitar
  • Menerapkan manajemen informasi
  1. Kemampuan persuasi dan negosiasi, untuk meningkatkan keterampilan ini dapat dilakukan dengan cara :
  • Itikad baik untuk mencapai win-win solution
  • Mempersiapkan diri sebelum negosiasi
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pengendalian emosi
  • Sikap professional
Ada beberapa alasan mengapa usaha di saat muda perlu dikembangkan, yaitu :
  1. Adanya kekuatan positif yang dimiliki kaum muda, yaitu :
  • Usia muda yng berkisar antara 18 sampai 25 tahun memiliki semangat besar untuk meraih mimpinya.
  • Penguasaan teori yang baik dan pengalaman yang telah ada. Dalam perkuliahan diberikan bekal teori yang bersifat teknis dan pengalaman sebelumnya, untuk meminimalkan kegagalan.
  • Daya nalar dan sistematika berpikir yang cukup baik.
  • Kemampuan fisik yang prima.
  • Kreativitas yang tinggi dan lahirnya inovasi.
  1. Ada peluang besar berwujud potensi, yaitu :
  • Waktu mahasiswa dan pengusaha muda yang relative masih longgar semasa kuliah dan belum menikah dibandingkan dengan setelah lulus dan bekerja.
  • Banyak peluang usaha yang dapat digali di sekitar kampus dan komunitasnya.
  • Simpati masyarakat terhadap kaum muda dan mahasiswa relative tinggi.
  • Rasa kesetiakawanan dalam almamater yang tinggi.
Merealisasikan mimpi menjadi kenyataan. Bermimpilah dan ikutilah dengan tindakan dan langkah nyata untuk mencapainya agar menjadi kenyataan. Pengusaha yang berhasil adalah pengusaha yang mampu bermimpi, bersemangat, dan bertindak untuk mencapai tujuan.

Alasan mengapa anak muda harus bermimpi menjadi pengusaha antara lain :
  1. Persaingan mendapatkan pekerjaan semakin ketat.
  2. Kebebasan menentukan nasib sendiri dan berkreasi.
  3. Potensi mendapatkan penghasilan yang tinggi.
  4. Idealisme mengurangi pengangguran.
Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencapai mimpi tersebut antara lain :
  1. Mengubah impian menjadi visi.
  2. Menyusun rencana strategis, dengan mempertimbangkan factor eksternal dan internal.
  3. Menetapkan rencana jangka pendek, sesuai dengan kaidah SMART :
  • Specific, target dijabarkan secara jelas.
  • Measurable, target diukur dengan jelas.
  • Achievable, target dicapai dengan realistis.
  • Reasonable, penempatan target yang mempunyai pijakan kuat yang dapat dicapai.
  • Time based, kurun waktu yang telah ditetapkan untuk mencapai target.
  1. Melaksanakan usaha.

No comments:

Post a Comment